Haid Tidak Teratur, Waspadai Beragam Penyakit ini

penebalan dinding rahim

Bagi seorang wanita, siklus haid yang tidak teratur mungkin hal yang wajar. Namun jika hal ini terjadi berangsur-angsur ketika siklus haid atau menstruasi tiba, bisa jadi ini pertanda ada masalah pada tubuh kalian lho. Karena menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi gejala beberapa penyakit seperti penebalan dinding rahim, gangguan tiroid, sindrom ovarium polikistik, endometriosis, radang panggul, hingga kanker rahim.

 

1. Penebalan dinding rahim

Penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala berupa siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini dapat terjadi ketika hormon estrogen meningkat diatas batas wajar dan lebih sering menyerang pada wanita yang berbadan gemuk atau obesitas. Penyakit ini biasanya disertai dengan gangguan sakit kepala, mudah kecapekan, serta mudah lesu ketika melakukan berbagai aktivitas.

2. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar dalam tubuh kita yang berfungsi menjaga metabolisme tubuh. . Bila fungsi ini tidak berjalan dengan baik, maka bisa juga menganggu siklus menstruasi. Selain itu,  beberapa gejala gangguan tiroid ini juga bisa dilihat dari kondisi tubuh yang mudah lelah hingga kerontokan pada rambut.

3. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom Ovarium Polikistik atau yang lebih dikenal dengan istilah PCOS dalam dunia kedokteran merupakan suatu kondisi gangguan hormon yang biasanya menyerang wanita di usia subur. Kondisi ini cukup berbahaya karena hormon androgen yang diproduksi secara berlebihan dapat menyebabkan benjolan-benjolan kecil berisi kista di area indung telur atau ovarium. Munculnya PCOS juga berpotensi mendatangkan komplikasi penyakit lainnya seperti diabetes dan juga gangguan jantung.

4. Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi yang disebut juga sebagai kista coklat, yaitu kondisi di  mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim. Jaringan yang juga menebal dan luruh pada saat menstruasi ini tidak dapat keluar karena berada di bagian luar rahim dan jadi mengendap pada saat menstruasi. Siklus haid yang tidak teratur seperti pendarahan di luar siklus atau bahkan volume darah yang banyak keluar saat haid bisa menjadi gejala dari endometriosis.

5. Radang Panggul

Radang panggul merupakan radang yang muncul dari infeksi pada organ kewanitaan. Dan biasanya muncul ketika bakteri menular seksual menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba, atau ovarium.

6. Kanker Rahim

Menstruasi yang tidak teratur juga dapat menjadi gejala dari kanker rahim. Kanker yang menyerang area rahim ini terjadi akibat munculnya sel abnormal di bagian rahim atau uterus. Biasanya gejala paling umum dari munculnya kanker rahim adalah rutinnya nyeri di bagian perut dan tidak kunjung hilang.

Itulah tadi beberapa penyakit yang memiliki gejala berupa siklus menstruasi yang tidak teratur. Karena itulah, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter bila mengalami gangguan pada siklus haid. Dengan diagnosa awal yang tepat, maka penyakit yang mungkin terjadi bisa segera ditangani dengan baik.

Kasih penghubung antara paragraf atas dengan paragraf point-point di bawahnya. Atau lebih baik lagi, tidak perlu dimention di paragraf awal, karena akan jadi redundant dengan point-point di bawah.

Siklus mentruasi tidak teratur tidak menjadi penyebab gangguan tiroid, melainkan akibat dari gangguan tiroid.

imbuhan “di” untuk penunjuk tempat harus dipisah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *