Ini Dia Penyebab Telapak Kaki Panas – SehatQ

Seseorang bisa saja pernah mengalami telapak kaki tiba-tiba terasa panas. Ternyata gejala ini tidak bisa dianggap remeh oleh penderitanya. Pasien yang sempat mengalami gejala ini perlu mengetahui apa saja penyebab telapak kaki panas. Setelah mengetahui penyebabnya tentu saja harus segera dilakukan proses penanganan oleh dokter.

Namun hendaknya dalam menghadapi suatu gejala seperti ini maka Anda tidak perlu panik. Tetap tenang dan baca penjelasan dari SehatQ sampai tuntas.  Penjelasan ini berasal dari dr. Farahdissa. Apa saja mengenai penjelasannya dapat disimak berikut.

Penyebab Telapak Kaki Panas

Berdasarkan penjelasan beliau sebenarnya telapak kaki atau bagian tungkai terasa panas bisa ada banyak penyebabnya. Salah satu penyebabnya adalah peredaran darah atau performa saraf mengalami gangguan. Gejala seperti ini seringkali terjadi akibat faktor infeksi ataupun penyakit kronis seperti diabetes. Penyebab lainnya secara spesifik bisa langsung Anda ketahui di bawah.

1. Kekurangan Vitamin B

Setiap orang memerlukan asupan vitamin yang lengkap setiap harinya. Hal ini tidak terkecuali untuk vitamin B. Kekurangan vitamin B dapat memberikan rasa yang tiba-tiba panas pada bagian otot tungkai. Gejala kekurangan vitamin B juga bisa diberikan tanda dengan adanya perasaan nyeri di bagian otot telapak kaki.

Bagi Anda yang sempat mengalami hal ini usahakan untuk meminum suplemen seperti Vitamin B kompleks ataupun makan makanan yang mengandung vitamin B. Contoh dari makanan tersebut berupa kacang merah dan kacang hijau. Tentunya Anda bisa mencari semua sumber bahan makanan tadi secara mudah di pasar terdekat atau supermarket.

2. Penekanan Saraf di Tungkai

Beberapa orang merasakan telapak kaki tiba-tiba panas sebabkan oleh tekanan saraf yang berada di area tumit atau tungkai kaki. Kemudian saraf tadi akan memberikan sinyal rasa nyeri atau panas sampai ke telapak kaki. Namun penyebab yang satu ini biasanya hanya bisa dipahami oleh dokter ahli saraf. Jadi penderita yang memiliki penyebab satu ini harus segera mendapatkan tindakan medis dari dokter dengan bidangnya.

Jika penyebabnya diakibatkan oleh tekanan pada saraf tumit dan anda makan suplemen vitamin B kompleks, maka kejadian seperti telapak kaki tiba-tiba terasa panas bisa terus kembali. Hal ini disebabkan penanganan yang tepat bukan dengan cara mengkonsumsi vitamin B. Anda perlu mendapatkan arahan lebih lanjut dari dokter ahli saraf.

3. Kerusakan Saraf

Penyebab yang ketiga adalah adanya kerusakan saraf maupun gangguan di sistem peredaran darah yang disebabkan oleh gula darah tinggi. Maka dari itu orang-orang yang memiliki riwayat diabetes biasanya besar potensi pernah mengalami gejala seperti telapak kaki tiba-tiba panas. Penting bagi orang penderita diabetes untuk selalu menjaga gula darahnya tidak terlalu tinggi dengan membatasi asupan.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai pola asupan yang baik bagi orang diabetes. Jangan biarkan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi meskipun itu adalah buah-buahan. Biasanya orang dengan penyakit diabetes hanya boleh memakan dengan pola yang tertentu saja. Dari buah-buahan yang cocok untuk orang diabetes adalah apel dan pir.

4. Penekanan atau Peradangan di Saraf Tulang Belakang

Rasa telapak kaki tiba-tiba panas juga bisa disebabkan oleh terjadinya peradangan atau tekanan di bagian saraf tulang belakang. Rasa nyeri dari saraf tersebut bisa terasa sampai ke bagian tungkai dari bokong. Jika Anda mengalami hal ini maka perlu berkonsultasi juga dengan dokter ahli saraf. Jangan sembarangan dalam mencari pengobatan alternatif karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Bagi Anda yang mendapati keluhan tadi dan sering kambuh, segera periksakan ke dokter. Proses pemeriksaan perlu dilakukan agar bisa mendapatkan penanganan dengan segera supaya bisa lekas sembuh.